HomeTutorial PHPPerulangan while dan do while pada PHP

Perulangan while dan do while pada PHP

Pada tutorial kali ini kita akan membahas mengenai cara menggunakan perulangan while dan do while pada pemrograman PHP. Sebelumnya kita telah membahas mengenai perintah perulangan for untuk program.

Seringkali kita menulis kode, ingin terus menjalankan kode yang sama secara berulang-ulang di suatu baris. Daripada menambah beberapa baris kode sama pada script, anda bisa menggunakan perulangan atau looping untuk mengeksekusi perintah ini. Baik perulangan while dan while do mempunyai fungsi masing – masing untuk pemrograman website maupun aplikasi.

Bagaimana Syntax dari Perulangan While…?

Pada perulangan while akan terus dijalankan dari blok kode selama perulangan dalam kondisi true (benar).

Syntax:
while (kondisi adalah true){
// kode akan dijalankan;
}

Pada contoh dibawah ini pertama variable dengan nama $angka dijadikan 1 ($angka = 1). Kemudian, perulangan while akan berlanjut untuk berjalan selama nilai $angka kurang dari dari atau sama dengan 5 ($angka <= 5). Nilai variable $angka akan mengalami penambahan 1 pada setiap perulangan berjalan ($angka++).

Contoh Kode:

<?php
    $angka = 1;
    while ($angka <= 5){
        echo "Angka ke: $angke<br>";
        $angka++;
    }
?>

Output Kode:
Angka ke: 1
Angka ke: 2
Angka ke: 3
Angka ke: 4
Angka ke: 5


Bagaimana Syntax dari Perulangan Do…While…?

Perulangan do while akan selalu dieksekusi pada blok kode sekali, kemudian dilakukan cek kondisi, dan mengulangi looping ketika kondisi adalah true (benar).

Syntax:
do {
// kode yang dijalankan
} while (kondisi adalah true)

Pada contoh kode dibawah ini pertama memberikan nilai variable $number menjadi 1 ($number = 1). Kemudian, perulangan do while akan menulis output, dan dilakukan increment (penambahan) variable $number sebanyak 1. Kemudian, melakukan pengecekan kondisi (apakah $number kurang dari atau sama dengan 5?). Jika ya, maka perulangan akan berlanjut selama nilai $number kurang dari atau sama dengan 5.

Contoh Kode:

<?php
    $number = 1;
    do {
        echo "Angka ke- $number<br>";
        $number++;
    } while ($number <= 5);
?>

Output Kode:
Angka ke- 1
Angka ke- 2
Angka ke- 3
Angka ke- 4
Angka ke- 5


Bagaimana jika Perulangan do while dalam Kondisi False…?

Perhatikan! perulangan do while akan melakukan tes kondisi setelah mengeksekusi pernyataan tanpa perulangan. Artinya, perulangan do while akan mengeksekusi perintah paling sedikit satu kali. Jika pengecekan dalam kondisi false maka tidak akan ada perulangan.

Contoh kode dibawah memberikan nilai variable $x menjadi 5, kemudian menjalankan looping, dan melakukan cek pada kondisi apakah true or false. hehehe…

Contoh Kode:

<?php
    $x = 5;
    do {
        echo "Angka ke: $x";
    } while ($x <= 3 );
?>

Output Kode:
Angka ke: 5

Output tersebut hanya memberikan “Angka ke: 5”, karena pertama kali dieksekusi akan keluar, dan saat dilakukan pengecekan mendapatkan bahwa kondisi dalam keadaan false, sehingga tidak dilakukan looping.


Perbedaan Perulangan While dan Do While…?

While akan menjalankan kode dan perulangan jika kondisi true, sedangkan do while akan menjalankan kode terlebih dahulu (paling sedikit 1x) kemudian dilakukan pengecekan sampai kondisi masih true maka akan terus berulang.

Demikian tutorial pemrograman PHP mengenai cara penggunaan perulangan while dan do while. Selanjutnya kita akan membahas mengenai cara membuat function pada pemrograman PHP. Semoga tutorial ini bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.