7 Keuntungan Menjadi Seorang Programmer 2020

Bagi Anda yang sedang berpikir untuk mengubah karir maupun memulai karir baru, menjadi programmer komputer bisa mempunyai banyak keuntungan.

Saat ini perkembangan dunia teknologi informasi dan komputer sangat cepat.

Untuk saat ini, ada banyak sekali peluang dan prospek kerja untuk programmer komputer.

Semua orang mempunyai pilihan untuk berkarir sebagai programmer dan tidak harus dari lulusan teknik informatika / ilmu komputer.

Mempunyai gelar lulusan komputer memang penting, namun lebih penting untuk selalu belajar dan bermanfaat untuk orang lain.

Anda bisa belajar bahasa pemrograman dari di mana pun serta kapan pun.

Semua sumber termasuk internet, youtube, buku, forum, serta website ini bisa menjadi referensi bagi Anda dalam belajar pemrograman.

Selain itu, ada banyak sekali ketika Anda mencoba memutuskan karir di bidang komputer programmer baik dalam bidang website, mobile programing, data scientist, dan lain sebagainya.

Berikut saya ulas mengenai beberapa kelebihan / keuntungan yang bisa Anda dapat ketika menjadi seorang programmer.

1. Kreativitas

Ketika mencoba untuk menulis kode untuk membuat sesuatu yang bisa dijalankan secara otomatis maka bisa menciptakan kebanggan untuk Anda sendiri.

Dengan menulis kode, Anda akan selalu kreatif untuk memecahkan algoritme sehingga bisa menyelesaikan suatu permasalahan.

Selain itu, Anda bisa mengekplorasi berbagai macam penulisan kode karena suatu program yang sama bisa mempunyai kode yang berbeda.

2. Bekerja Remote dan Fleksibel

Berbeda dengan pekerja kantoran yang harus pergi melewati padatnya lalu lintas perkotaan. Bekerja dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore tentu membuat bosan.

Seorang programmer bisa bekerja hanya menggunakan celana pendek maupun sarung dari depan komputer di rumah saja.

Karena hanya menggunakan jaringan komputer sehingga seorang programmer bisa bekerja secara efektif dimana pun berada. Istilah ini bisa dikenal dengan istilah WFH (work from home).

Cukup menggunakan alat komunikasi misalnya Slack, Monday, Trello, Telegram, Zoom, dan lainnya maka mereka bisa saling berkolaborasi dengan programmer lain.

Karena yang dilihat dari kebanyakan perusahaan melihat result-nya bukan dari proses dari penulisan kode.

Namun, setiap perusahaan tentunya mempunyai kebijakan yang berbeda. Karena ada yang mengijinkan untuk bekerja dari rumah maupun harus datang ke kantor untuk bekerja.

3. Gaji Tinggi

Untuk mendapatkan gaji tinggi, maka Anda bisa bekerja secara remote untuk mengambil projek perusahaan luar negeri sehingga akan mengikuti standar gaji luar.

Terutama bekerja untuk perusahaan yang berdomisili di Amerika maupun di Eropa.

Untuk bekerja di perusahaan luar Anda bisa mengambil projek jangka pendek maupun jangka panjang, melalui platform seperti Upwork, Freelancer, Toptal, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, untuk perusahaan dalam negeri biasanya masih mendapatkan gaji yang kurang memuaskan kecuali beberapa startup terkenal.

Namun untuk para pemula lebih baik cari pengalaman terlebih dahulu karena gaji akan mengikuti kemampuan Anda.

4. Pemecah Masalah

Ketika Anda bekerja sebagai programmer maka akan dituntut untuk menyelesaikan permasalahan besar untuk menemukan solusi dalam bentuk kode.

Keterampilan memecahkan masalah sangat penting bahkan meliputi setiap aspek kehidupan sehingga bisa berguna untuk orang lain.

5. Demand / Permintaan Tinggi

Tidak bisa dipungkiri kebutuhan akan programmer setiap waktu selalu dibutuhkan baik dalam lingkup pemerintahan maupun perusahaan swasta.

Selama masyarakat membutuhkan teknologi tentunya permintaan pekerjaan programmer akan selalu dibutuhkan dimana pun.

Entah itu dalam skala kecil perusahaan maupun skala besar pasti akan selalu dibutuhkan.

6. Keahlian Terus Berkembang

Seorang programmer dituntut untuk mempunyai kemauan untuk belajar hal yang baru.

Mengingat setiap hari perubahan bahasa pemrograman maupun framework yang berubah sangat cepat.

Oleh karena itu, menjadi programmer harus mempunyai fundamental dalam memecahkan sebuah masalah dan diterjemahkan menjadi suatu kode.

Dengan kondisi tersebut memilih karir sebagai programmer akan menjadikan kemampuan yang terus berkembang setiap saat.

7. Pencapaian Kebanggaan

Ketika Anda seorang programmer dan Anda berhasil menciptakan produk yang bermanfaat dan digunakan banyak orang tentu akan mendapatkan kepuasaan sendiri.

Entah itu membuat aplikasi sederhana yang digunakan jutaan orang maupun website yang dikunjungi ribuan orang per harinya.

Selain itu, semakin berjalannya waktu dan semakin berpengalaman Anda ketika menjadi programmer maka gaji akan mengikuti.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda manfaatkan untuk ketika sudah berkarir menjadi seorang programmer komputer.

Anda tidak harus menguasai semua bahasa pemrograman, cukup menguasai satu bahasa pemrograman terlebih dahulu kemudian belajarlah bahasa lain. Itu akan membuat menjadi lebih mudah.

Misalnya jika Anda ingin belajar website pelajari salah satu bahasa pemrograman hingga menjadi profesional misalnya JavaScript atau PHP.

Atau misalnya Anda ingin menjadi pengembang aplikasi mobile maka pelajarilah Java terlebih dahulu.

Mungkin Anda seorang programmer yang sudah ahli atau masih pemula? Silahkan berikan pendapat Anda di kolom komentar.

Mohon maaf mungkin jika ada pernyataan yang kurang tepat dan kurang sesuai dengan pendapat yang lain.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.