HomeTutorial PHPOperator Increment dan Decrement pada PHP

Operator Increment dan Decrement pada PHP

Pada tutorial kali ini kita akan membahas mengenai cara menggunakan operator increment dan decrement pada pemrograman PHP. Sebelumnya kita telah membahas mengenai operator perbandingan pada pemrograman PHP.

Apa itu Operator Increment dan Decrement…?

Kadang – kadang ketika kita membuat program tentu membutuhkan penambahan dan pengurangan satu angka atau lebih. Situasi ini berlangsung secara terus menerus dan sering. Misalnya ketika membuat looping(perulangan) pada program. Maka operator khusus digunakan untuk penambahan maupun pengurangan.


Apa Perbedaan Operator Increment dan Decrement…?

Operator increment adalah operator yang digunakan untuk menambah (increment) sebuah nilai variable. Sebaliknya, operator decrement adalah operator yang digunakan untuk mengurangi (decrement) sebuah nilai dari variable.


Bagaimana Cara Menulis Operator ini…?

Cara menggunakan operator increment dengan memberikan tanda ++ (2 kali plus), sedangkan untuk operator decrement dengan memberikan tanda – – (2 kali minus).

1. Pre-Increment

Operator pre-increment akan menambah satu nilai variable, kemudian return ke variable. Misalnya ++$x, (penambahan satu nilai ke x, kemudian return $x). Pada pre-increment penulisan increment sebelum variable.

Contoh Kode:

<?php
    $angka_1 = 100;
    echo ++$angka_1; // ditambah 1 dahulu, output jadi 101
?>

Output Kode:
101


2. Post-Increment

Operator post-increment akan melakukan return variable kemudian melakukan penambahan satu nilai ke variable. Misalnya $x++, (return $x dahulu kemudian dilakukan penambahan satu nilai ke variable $x). Pada post-increment penulisan increment dilakukan setelah penulisan variable.

Contoh Kode:

<?php
    $x = 100;
    echo $x++; // output = 100, baru x ditambah 1
    echo "<br>";
    echo $x; // output = 101
?>

Output Kode:
100
101


3. Pre-Decrement

Operator pre-decrement akan melakukan pengurangan satu nilai variable kemudian akan return ke variable. Misalnya –$x, (melakukan pengurangan terhadap nilai variable dahulu kemudian return ke $x). Pada pre-decrement penulisan decrement dilakukan sebelum penulisan variable.

Contoh Kode:

<?php
    $nilai = 100;
    echo --$nilai; //nilai dikurangi 1, print sudah jadi 99
?>

Output Kode:
99


4. Post-Decrement

Operator post-decrement akan melakukan return ke variable kemudian melakukan pengurangan terhadap nilai variable. Misalnya $x–, (nilai return $x dahulu kemudian dilakukan pengurangan nilai terhadap variable). Pada post-decrement penulisan decrement dilakukan sesudah penulisan variable.

Contoh Kode:

<?php
    $x = 100;
    echo $x--; // print nilai x = 100, kemudian dikurangi 1
    echo "<br>";
    echo $x; // print x menjadi 99
?>

Output Kode:
100
99


Tabel Ringkasan Perbedaan Increment dan Decrement

operator increment dan decrement pada PHP

Demikian tutorial pemrograman PHP mengenai cara menggunakan increment dan decrement. Selanjutnya kita akan membahas mengenai cara menggunakan operator logika pada pemrograman PHP. Semoga tutorial ini bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.