HomeTutorial PHPPengenalan PHP

Pengenalan PHP

Tutorial Pemrograman PHP – Bahasa pemrograman PHP (PHP: Hypertext Preprocesor) adalah sebuah bahasa pemrograman untuk pengembang website agar bisa menjalankan konten secara dinamis yang berinteraksi dengan database. PHP pada umumnya digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis website.

Siapakah Pembuat Pemrograman PHP…?

PHP dimulai dari proyek kecil open source, dan bahasa ini dibuat oleh Rasmus Lerdorf merilis pada tahun 1994. Berikut beberapa hal tentang bahasa PHP:

1. Sintaks PHP mirip dengan bahasa C.
2. PHP singkatan dari “PHP: Hypertext Preprocesor”.
3. PHP dapat diintegrasikan dengan berbagai database populer, seperti Oracle, Sybase, Informix, MySQL, dll.
4. PHP merupakan bahasa server side scripting, atau berjalan di server sehingga akan menghasilkan HTML. Digunakan untuk membuat konten dinamis, sesi tracking, dan untuk mengembangkan situs komersial.
5. PHP mendukung banyak protokol seperti POP3, IMAP, dan LDAP.


Apa Kelebihan PHP…?

Bahasa pemrograman PHP mempunyai banyak kelebihan untuk pengembangan aplikasi website. PHP mendukung sistem function, sebagai contoh dari sebuah file dapat membuat, membuka, membaca, menulis, dan menutupnya.
1. PHP dapat mengatur form. Contoh mengambil data, menyimpan data dalam file, mengembalikan data ke user, dll.
2. Menggunakan PHP bisa mengakses variabel cookies dan mengatur cookies.
3. PHP dapat mengenkripsi data.
4. Anda bisa menambah, menghapus, dan memodifikasi elemen database melalui PHP.
5. PHP bisa membatasi user dalam mengakses beberapa halaman dari website anda.
6. Server Side Scripting, menjalankan kode di server sebelum ditampilkan ke user.
7. Command line scripting, anda bisa menjalankan script PHP tanpa server atau browser. Anda hanya butuh PHP parser untuk menggunakannya.
8. Membuat aplikasi desktop, PHP mungkin bukan bahasa terbaik untuk membuat aplikasi desktop dengan GUI. Tetapi jika anda tahu PHP dengan baik, maka anda bisa menjalankan fitur lanjut dari PHP untuk membuat client-side apps dengan PHP-GTK.

 

PHP dapat berjalan di berbagai sistem operasi windows, Mac OS, dan Linux. Untuk mengedit kode php anda bisa menggunakan berbagai text editor seperti Notepad, Notepad++, Sublime, Atom, dll.

Bahasa pemrograman PHP mempunyai karakteristik simpel, efisien, keamanan, fleksibel, dan familiar. Untuk menjalankan PHP anda membutuhkan web server seperti NGINX (baca: engine X) , Apache, dll. Namun bisa juga dengan command line.  PHP akan dieksekusi di server dan ditampilkan di browser sesuai request user, sehingga akan menghasilkan HTML dalam browser. Bahasa pemrograman PHP menggunakan permulaan tags <?php dan diakhiri dengan tags ?>.


Contoh Script Tutorial Pemrograman PHP

<html>
    <head>
        <title>Tutorial PHP</title>
    <body>
        <?php echo "Tutorial Pemrograman PHP";?>
    </body>
</html>

Output :

tutorial pemrograman PHP

Demikian tutorial pemrograman PHP yang bisa anda coba untuk mengembangkan aplikasi web dinamis. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.